ADVOKASI PENDAMPING SOSIAL PKH LAMPUNG TENGAH TERHADAP ANAK KPM PKH

by -437 views

Advokasi lain juga dilakukan oleh Noni Ana Dwianti. Pendamping Sosial PKH Kampung Terbanggi Besar yang sudah menggraduasi 74 KPM PKH ini telah mengupayakan kelanjutan studi anak KPM PKH yang brnama Lela Safitri ke SMK N 3 Terbanggi Besar.

Kondisi orang tua Lela memang sangat memprihatikan, apalagi Ibunya Lela ( Karsiyah ) menderita sakit kanker, jantung dan paru-paru. Praktis tidak bisa membantu menambah penghasilan keluarga. Sementara Bapaknya Lela hanya sebagai buruh serabutan dengan penghasilan tak menentu.

Menurut Noni, “awalnya Lela tidak mau melanjutkan sekolah karena menyerah dengan ketidakberdayaan orang tuanya, tapi akhirnya semangat sekolah setelah diberi motivasi oleh Pendamping dan Peksos PKH, Hardiyanto dalam kunjungan mereka ke Keluarga Lela,” ucap Noni.

Gayungpun bersambut, Kepala SMK N 3 Terbanggi Besar menyambut baik hal ini. Beliau berpendapat, “setiap anak memiliki hak untuk sekolah setinggi – tingginya “. Lela diterima di SMK N 3 Terbanggi Besar Jurusan Sosial dengan keringanan biaya. Selanjutnya untuk kekurangan biaya yang wajib dibayar, Noni menggalang dana dari SDM PKH Terbanggi Besar dan Way Pengubuan.

“Noni Ana Dwianti dan Nova Purnama Sari merupakan contoh Pendamping sosial PKH yang memiliki sense of caring. Memang semestinya begitu, Pendamping sosial PKH tidak hanya bercengkrama dengan tupoksi, tapi juga menjadi pelita bagi KPM PKH,” Ujar Korkab PKH Lampung Tengah.