Diplomasi Memuji Jokowi Taklukkan Tokoh Kunci G20

oleh -1468 Dilihat
oleh

BALI – Keberhasilan Presidensi Indonesia di pertemuan puncak G20 di Bali 15-16 November 2022, bukan datang tiba-tiba. Lahirnya leaders declaration di puncak G20 meeting adalah ujung proses panjang dari ratusan perundingan, lobi-lobi bilateral, hingga pendekatan personal kepada para tokoh kunci yang memegang kendali forum ekonomi dunia paling bergensi itu.

Adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibantu sejumlah kementerian yang menjadi tulang punggung substansi dan acara G20 ini.

Di antaranya Kementerian Koordinator Perekonomian yang dikomandani Menko Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi , Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang berjibaku mengawal substansi pertemuan sesuai target dan koridor.

Sedangkan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beserta jajaran menteri lain bertanggungjawab atas kelancaran dan keamanan acara yang dihadiri 20 pemimpin negara anggota G20 serta puluhan pemimpin negara dan organisasi internasional yang diundang.

Home Politik Hukum Hankam Humaniora Indeks Home Politik Diplomasi Memuji Jokowi Taklukkan Tokoh Kunci G20 Pung Purwanto Sabtu, 19 November 2022 – 16:14 WIB

Presiden Joko Widodo berdiskusi hangat perihal perhelatan G20 dengan para pemimpin redaksi media nasional, di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11).

Keberhasilan Presidensi Indonesia di pertemuan puncak G20 di Bali 15-16 November 2022, bukan datang tiba-tiba. Lahirnya leaders declaration di puncak G20 meeting adalah ujung proses panjang dari ratusan perundingan, lobi-lobi bilateral, hingga pendekatan personal kepada para tokoh kunci yang memegang kendali forum ekonomi dunia paling bergensi itu

Membumikan Capaian KTT G20 Adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibantu sejumlah kementerian yang menjadi tulang punggung substansi dan acara G20 ini.

Di antaranya Kementerian Koordinator Perekonomian yang dikomandani Menko Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi , Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang berjibaku mengawal substansi pertemuan sesuai target dan koridor. Sedangkan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beserta jajaran menteri lain bertanggungjawab atas kelancaran dan keamanan acara yang dihadiri 20 pemimpin negara anggota G20 serta puluhan pemimpin negara dan organisasi internasional yang diundang.

Namun, rahasia paling ampuh dari pertemuan yang diwarnai banyak drama dan ketegangan itu adalah diplomasi pujian kepada para tokoh kunci yang dilontarkan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan. “Setiap pemimpin itu harus saling memuji biar mereka juga merasa dihormati dan dihargai. Setelah itu baru mudah masuk ke substansi masalah,” ujar Presiden Jokowi saat menerima sejumlah pemimpin redaksi media nasional di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11) lalu.

Saat menerima para pemimpin redaksi, raut muka Presiden Jokowi tampak cerah, menyiratkaan kelegaan setelah melalui serangkaian ketegangan dan drama dalam forum G20.

Ketegangan ini sudah diprediksi banyak pihak karena situasi geo politik serangan Rusia ke Ukraina, Februari lalu.Satu pihak ada negara G7 yang dikomandani Presiden Amerika Serikat Joe Biden , dan pihak lain ada Rusia yang diwakili Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov. Sedangkan di posisi lain ada sosok Presiden China Xi Jinping yang juga punya pengaruh besar di G20. “Kita sudah pelajari personality para leaders ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.