April Mop 1 April, Ini Beberapa Versi Sejarahnya di Berbagai Negara

oleh -596 Dilihat
oleh

HarApanNEWS.COM – Setiap tahunnya, 1 April diperingati sebagai April Mop atau April Fool’s Day di berbagai penjuru dunia. Peringatan unik ini memperbolehkan siapa saja untuk membuat lelucon kepada teman dekatnya tanpa merasa bersalah.

Perayaan April Mop sudah dilakukan dari generasi ke generasi oleh berbagai kalangan. Namun, terdapat beberapa versi sejarah terkait munculnya fenomena ini.

Asal-usul April Mop di Inggris

Beberapa orang beranggapan sejarah April Mop dimulai di Skotlandia, Inggris, sekitar abad ke-18. Tradisi April Mop ini dirayakan selama dua hari berturut-turut.

Pada hari pertama diisi acara bertema ‘Hunting the Gowk’, yakni orang-orang akan dikirim untuk melakukan perintah palsu. Gowk berasal dari kata burung kukuk dan simbol untuk orang bodoh.

Acara dilanjutkan di hari kedua dengan tema ‘Tailie Day’. Pada hari kedua ini, lelucon yang digunakan adalah bokong orang lain sebagai objek, misalnya dengan menjepitkan ekor palsu di bokong orang lain dan menempelkan tulisan ‘tendang saya’.

Sejarah lain mencatat, April Mop berasal dari salah satu acara berita di Inggris yang mengumumkan bahwa akan ada panen spaghetti di Swiss. Berita tersebut disampaikan oleh jurnalis dan penyiar Richard Dimbleby dan disiarkan pada 1 April 1957.

Penonton yang melihat berita tersebut pun antusias menyambut panen spageti yang akan terjadi di Swiss. Namun, ternyata berita tersebut hanya bagian dari April Mop.

Sementara itu, menurut sejarawan Joseph Boskin dari Boston University, April Mop sudah dimulai sejak sekelompok badut bercanda jika para badut bisa bekerja lebih baik daripada Kaisar Romawi. Sang Kaisar Romawi, Constantine, yang mendengar hal tersebut pun mengizinkan seorang badut bernama Kugel untuk menjadi raja dalam sehari. Peristiwa ini kemudian dianggap sebagai lelucon belaka dan menjadi salah satu asal usul munculnya April Mop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.