Rupiah Digital Bakal Jadi Alat Pembayaran Baru di RI

oleh -595 Dilihat
oleh

HarApanNEWS.COM – Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan central bank digital currency (CBDC) atau rupiah digital.Hal itu tertuang dalam White Paper Proyek Garuda yang terbit baru-baru ini.

CBDC diklaim dapat memenuhi kebutuhan publik untuk bertransaksi di era digital dengan kebutuhan bank sentral menjaga dan memelihara keberlangsungan sistem keuangan yang telah berjalan selama ratusan tahun dengan menempatkan bank sentral pada porosnya.

“CBDC akan menambal keterbatasan uang-uang yang ada saat ini dengan berperan sebagai instrumen inti bagi bank sentral dalam menjalankan mandatnya di era digital,” tulisnya, seperti dikutip dari bi.go.id, Selasa (13/12/2022).

Digital rupiah akan dibangun dalam fitur desain yang tangguh dan memungkinkan pengembangan-pengembangan model bisnis baru yang inovatif, inklusif, dan mendorong efisiensi.

Selain itu, juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur yang memastikan resiliensi, baik dalam konteks keamanan maupun ketersediaan, misalnya, offline functionality, yang juga memastikan perluasan inklusi keuangan di daerah tertinggal.

Kemudian juga dilengkapi fitur programmability yang memungkinkan pengembangan inovasi dan efisiensi keuangan (misalnya smart contract).

Di samping itu, BI juga akan mengembangkan tokenisasi surat berharga dalam platform Digital Rupiah untuk membuka peluang-peluang baru bagi pendalaman pasar keuangan.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.