SDM PKH Tanggamus Dorong Anak KPM ‘Ayo Kuliah!’ Melalui Beasiswa KIP Kuliah

oleh -512 Dilihat
oleh

HarapanNews.COM Tanggamus (Lampung) – Bertempat di Aula kantor kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus, Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) gelar kegiatan sosialisasi dan motivasi bagi anak-anak keluarga penerima manfaat program keluarga harapan untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi setelah lulus dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Mengusung tema “Sosialisasi Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru dan Beasiswa KIP Kuliah Bagi Anak KPM Kelas 12 SMA se-Kecamatan Gunung Alip”, kegiatan tersebut sukses terselenggara, Jum’at (24/02/2023).

Acara tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Kabupaten Tanggamus Zulfadli, SE, MM., Kepala Bidang Perlindungan Sosial dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Tanggamus Fina Oktasari, SH,MH., Camat Gunung Alip Muhammad Ilham Nurmay, S.IP, Kepala Bagian Kerjasama Pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus, Ns. Maryani, S.Kep, Koordinator PKH Kabupaten Tanggamus Aris Dwi Asrya, ST, Pendamping PKH perwakilan dari berbagai kecamatan, Perwakilan Akademi Usaha Perikanan (AUP), Institut Bakti Nusantara (IBN), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Tanggamus, serta para peserta dari berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutannya Kadisos Tanggamus, Zulfadli, SE,MM., menyampaikan kepada anak-anak KPM agar jangan patah semangat dikarenakan saat ini telah ada beasiswa KIP Kuliah untuk anak KPM PKH yang terdata di DTKS, maka bisa melanjutkan pendidikan meskipun dengan keterbatasan tertentu. “Terus lanjutkan mimpi kalian agar lanjut belajar di Perguruan Tinggi, salah satu cara meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan kapasitas diri dan berjejaring, salah satu caranya adalah dengan kuliah”, jelas Kadis Sosial Tanggamus.

Motivasi dan dukungan juga disampaikan oleh Camat Gunung Alip, Muhammad Ilham Nurmay, S.IP., ia mengapresiasi atas kinerja para pendamping PKH di Kecamatan Gunung Alip karena telah melakukan inovasi membantu anak-anak KPM PKH agar bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Saya mengapresiasi kegiatan pendampingan PKH di Gunung Alip, karena jiwa sosial mereka tinggi, dan gerakan kuliah yang digagas oleh pendamping PKH sepertinya baru di Gunung Alip”, ungkapnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi mengenai adanya penerimaan mahasiswa baru dengan jalur nasional tahun 2023 sekaligus sebagai sarana memberi motivasi dan informasi peluang-peluang tentang adanya berbagai beasiswa yang bisa didapatkan bagi anak-anak KPM PKH. Beberapa beasiswa tersebut diantaranya beasiswa bagi anak berprestasi, beasiswa bagi penghafal quran, beasiswa dengan potongan 50%, serta beasiswa lainnya hingga beasiswa full sampai dengan menyelesaikan studi.

Agus Mardika SPd Ing, selaku Koordinator Kecamatan PKH Gunung Alip mengucapkan terimakasih kepada Camat Kecamatan Gunung Alip dan Anjung Pintar karena telah memfasilitasi kegiatan ini serta para tamu undangan dari perwakilan kampus yang sudah mensosialisasikan program dihadapan anak anak KPM PKH di Gunung Alip. “Semoga dengan kegiatan hari ini, anak anak KPM PKH di Gunung Alip termotivasi untuk kuliah dan memiliki kuota diterima di Perguruan Tinggi di Tanggamus”, harap Agus Mardika.

Untuk diketahui, pada Tahun Akademik 2023/2024, terdapat 3 jalur pendaftaran, diantaranya; jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri. Hal tersebut disampaikan oleh Sukman Andrianto, S.I.Kom selaku Pendamping PKH dan juga Pengelola Anjung Pintar Sukabanjar. “Mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tapi memiliki prestasi akademik berpeluang untuk mendapatkan beasiswa yaitu program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah namun terbatas”, terang Sukman. (Jurnalis Sosial/Pendamping PKH: Indrawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.