Elektabilitas Prabowo menurut Lembaga Survei MIPOS

oleh -653 Dilihat
oleh

HarApanNEWS.COM – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertengger di urutan pertama sebagai calon presiden ( capres) 2024 dengan elektabilitas tertinggi. Hal tersebut berdasarkan hasil riset terbaru Lembaga survei Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS).

Peneliti Senior MIPOS, Edwin A Sarif mengatakan, berdasarkan survei MIPOS November 2022, Prabowo mendapatkan persentase sebesar 32,4%, diikuti Ganjar Pranowo 19,8%, dan Anies Baswedan 18,9%.

Edwin menjelaskan, tingginya elektabilitas terhadap Prabowo disebabkan oleh tiga faktor. Pertama, karena Prabowo tidak aktif melakukan pencitraan di sosial media.

“Publik ternyata merespons negatif terhadap tokoh-tokoh yang sudah banyak menebar pesona dan pencitraan (di media sosial) sementara pencalonan calon presiden (capres) masih relatif lama,” kata Edwin saat menyampaikan hasil Survei, Jumat (2/12/2022

Faktor kedua, kata Edwin, karena Prabowo Subianto dinilai sebagai negarawan yang matang dan peduli terhadap urusan negara ketimbang sibuk mempersiapkan diri sebagai capres.

“Selain ditandai dengan tingkat dukungan publik yang terus meningkat, respons positif terhadap Menteri Pertahanan itu juga ditunjukkan oleh hasil survei MIPOS yang menempatkannya sebagai menteri dengan kinerja terbaik di mata publik,” kata Edwin.

Kemudian faktor ketiga adalah karena banyak masyarakat berpendidikan dan berpenghasilan rendah yang menilai Prabowo memberikan solusi atas masalah ketersediaan pangan dan lapangan kerja.

“Bagi masyarakat bawah masalah ketersediaan pangan dan lapangan kerja merupakan agenda terpenting dalam hidup mereka dan Prabowo mereka pandang memiliki pengalaman dan kemampuan untuk mencari solusi dalam dua masalah itu,” katanya.

Berikut ini elektabilitas tokoh yang berpotensi menjadi capres 2024 berdasarkan hasil survei MIPOS November 2022:

1. Prabowo Subianto 32,4%

2. Ganjar Pranowo 19,8%

3. Anies Baswedan 18,9%

4. Ridwan Kamil 7,5%

5. Agus Harimurty Yudhoyono 4,5%

6. Erick Thohir 4,1%

7. Moeldoko 3,4%

8. Sandiaga Uno 2,1%

9. Puan Maharani 2,0%

10. Airlangga Hartarto 1,9%

11. Muhaimin Iskandar 0,9%

artikel ini telaah tayang di Sindonews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.