Harga Bitcoin ini dugaan pemicunya

oleh -56 Dilihat

HarApanNEWS.COM – Penyebab spesifik turunnya harga Bitcoin belum diketahui. Namun menurut laporan Cointelegraph, penurunan ini mungkin disebabkan oleh Departemen Kehakiman (DOJ) AS yang baru saja melakukan tindakan penegakan hukum terhadap Bitzlato.

Dilaporkan Cointelegraph, pada 18 Januari 2023, Departemen Kehakiman (DOJ) AS menutup exchange Rusia, Bitzlato, terkait kasus pencucian uang.Wakil Jaksa Agung As, Lisa Monaco Monaco menyebut kasus tersebut sebagai “upaya penegakan paling signifikan” terhadap exchange sejak Tim Penegakan Cryptocurrency Nasional diluncurkan pada Oktober 2021.

DOJ melempar pernyataan yang mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan keras terhadap industri kripto, tetapi pesan ini tidak disampaikan secara spesifik. Pernyataan tersebut menimbulkan kekhawatiran di antara pelaku pasar kripto, sehingga diperkirakan hal inilah yang membuat pasar mengalami penurunan.

Sementara itu, Regulator Commodity Future Trading Comission (CFTC) baru-baru ini menyoroti perusahaan Gemini dan Digital Currency Group (DCG) atas program Earn yang selanjutnya dapat menghambat pasar kripto.

Persidangan mantan CEO FTX , Sam Bankman-Fried juga dapat menjadi rekam jejak negatif terhadap dunia kripto.Suku Bunga Diproyeksi Naik LagiFaktor lainnya yang memungkinkan ialah suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (THE FED) yang diperkirakan akan naik lagi.

Menurut laporan Forbes, Federal Reserve (FED) akan menaikkan suku bunga sebesar 0,25 poin persentase menjadi 4,5% smapai 4,75%, pada 1 Februari 2023.Kenaikan suku bunga FED berpotensi mengganggu likuiditas pasar kripto dan membuat harga Bitcoin maupun altcoin lainnya terkoreksi.

Dikutip dari laporan CNBC, Ekonom Nailul Huda mengatakan, ketika suku bunga tinggi, investor akan lebih memilih menyimpan uangnya di perbankan daripada di pasar saham atau pun kripto.Untuk diketahui, tujuan FED mengendalikan suku bunga ialah guna mempertahankan lapangan kerja yang tinggi.

Dengan kondisi ketenagakerjaan yang ideal, Fed dapat melawan inflasi tanpa harus terlalu khawatir tentang trade-off.

selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.